Pages

Ilmu Data (Data Science) dalam Kegiatan Bisnis

Four Types of Data Science Jobs sumber: Udacity
Mengapa data sangat penting? Apa yang begitu penting tentang data dan hubungannya dengan bisnis yang sehat? Seiring dengan berjalannya sebuah perusahaan, apakah dengan ketersediaan data atau tidak, sangat dapat disimpulkan bahwa data adalah dasar dari setiap perusahaan yang sukses. Selain itu, pihak manajemen level dalam suatu perusahaan sadar bahwa dengan mendapatkan data yang spesifik akan sangat membantu perusahaan dalam bersaing.

Dalam sebuah perusahaan terdapat tim yang bekerja sebagai pengolah data. Kita sebut saja Tim Data. Tim data memiliki satu tujuan yaitu ingin menyelesaikan masalah dalam bisnis perusahaan. Tim akan melakukan sejumlah besar pekerjaan pada data yang tersedia sesuai dengan masalah yang timbul pada perusahaan.

Simple Business Glossary Example. sumber: Ewsolutions

Kemudian dalam tim data tersebut, terdapat tim business intelligence yang menyajikan dashboard bisnis atau dapat dikatakan penyajian data mengenai apa yang telah terjadi pada masa yang telah lalu.

Business Intelligence Dashboard. sumber: Ducenit

Tim data ini kemudian menggunakan beberapa teknik bisnis analitik atau alat analisis data untuk mengembangkan model yang dapat memprediksi hasil di masa yang akan datang.


Agar tidak membingungkan, mari kita bahas mengenai Data Science terlebih dahulu.
Salah satu penyebab kebingungan mengenai Data Science dewasa ini salah satunya disebabkan oleh evolusi terus-menerus dari berbagai cabang ilmu yang mempelajari data yang melahirkan banyak istilah terminologi ilmu yang mempelajari mengenai data. Salah satunya adalah data science atau ilmu data. Seseorang yang memiliki gelar ahli statistik dua puluh lima tahun yang lalu memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan dan membersihkan beberapa data set dengan menerapkan berbagai metode statistik. Namun dengan pertumbuhan data dan peningkatan teknologi yang cukup signifikan, ahli statistik ini pada akhirnya mampu mengekstrak pola dari data yang ada atau yang telah dianalisa.

Business and Data Science Buzzwords. source: Udemy Course

Ekstraksi pola ini misalnya, berawal dari ahli statistik yang mengembangkan model matematis dengan tujuan untuk melakukan perkiraan yang lebih tepat dan akurat. Kemudian beberapa tahun setelahnya, ahli statistik yang sama, dengan model matematika dan metode statistik baru yang mampu melakukan perkiraan yang lebih akurat melahirkan Datamining. 

Business and Data Science Buzzwords. source: Udemy Course

Kemudian dihasilkan data lebih berkualitas untuk melakukan prediksi. Terminologi Analitik Prediktif pun membuat ahli statistik menjadi seorang ilmuwan data atau Data Scientist yang telah mengikuti teknologi modern.

Business and Data Science Buzzwords. source: Udemy Course



0 komentar:

Posting Komentar